Wednesday, December 13, 2017

Konstruk Teologi Ekonomi Islam

Kontruk Teologi Ekonomi Islam Dwi Surya Atmaja
Ekonomi Islam bukanlah kapitalisme, sosialisme ataupun sintesis keduanya (welfare economics, the third way), apa pun variannya.  Sebab, perspektif yang mendasari pemikiran ekonomi Islam bukanlah homo economicus namun homo religius.  Dalam artian, Ekonomi Islam menurut pendukungnya bukanlah sub ekonomi, namun ekonomi yang justru merupakan bagian dari Islam sebagai the comprehensive way of life. Persoalan produksi, konsumsi dan distribusi (investasi menurut AJ. Brown), sejatinya merupakan persoalan istikhlaf (amanah kekhalifahan) dalam mewujudkan maslahah sosial (strukturalisme ekonomi) serta maslahah kealaman (green economics).
Sayangnya, perkembangan praksis Ekonomi Islam mengalami disorientasi.  Hal ini ditunjukkan oleh pengagulan parameter perkembangan asset, besaran gain (profit) yang dicetak, dan dominasi produk murabahah atas mudarabah.  Padahal renaissance Ekonomi Islam didasari oleh keprihatinan terhadap disparitas ekonomi, unemployment, moralitas (konsumerisme dan luxury) dan isu-isu lain yang berhubungan dengan maslahah sosial kealaman. Dalam saat yang bersamaan Ekonomi Islam juga menunjukkan keterjebakan pada obsesi relevansi ekonomi Islam dalam kemodernan sehingga ambigu antara modernisasi Islam dan Islamisasi modernitas. Hal ini terlihat dari gejala labelisasi dan arabisasi produk-produk IBF (Islamic Banks and Finance), seperti murabahah (?) untuk kredit konsumtif, al-musharakah al-mutanaqisah (al-ijarah al-muntahiyah bi al-tamlik), Islamic Bonds dan takaful. Dengan kata lain, performa Ekonomi Islam mengalami euphoria dimensi teknis Fiqh bab mu‘amalat maliyah sehingga persoalan teologis (‘ilm kalam) yang berbicara tentang evilness dan goodness suatu ikhtiyar ekonomi serta spiritualitas (realitas ghaib) di balik realitas material terabaikan.

Detail
Penulis: Dwi Surya Atmaja
Bahasa: Indonesia
Bulan Terbit: Mei 2013
Halaman: x + 208 hlm
ISBN: 978-602-7775-20-6



Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
untuk mengutif gunakan sesuai aturan yang berlaku

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis







No comments:

Post a Comment

Kritik Sosial pada Pergumulan Isu Agama dan Musik di Baghdad dan Brussels

Tujuan buku penelitian ini adalah menganalisis kehadiran kritik sosial beserta pembentukan strukturnya yang didasarkan pada dimensi agama, s...