Wednesday, December 13, 2017

Islam Progesif: Anak Muda NU Membongkar Tradisi

Dinamika yang terjadi di kalangan anak muda NU, sesungguhnya sangat dinamis-progresif. Mereka melakukan pembacaan yang kritis terhadap berbagai permasalahan yang melanda bangsa Indonesia, khususnya umat Islam dan itu bermuara pada pemahaman yang tekstual terhadap teks-teks al-Quran. Dengan latar belakang pendidikan pesantren dan persentuhannya dengan pendidikan Barat-modern, terjadi transformasi pemikiran di kalangan anak muda NU dalam merespon problem-problem kemanusiaan kontemporer dengan wacana dan pola gerakan melalui Islam (penafsiran) yang progresif, yaitu dengan membebaskan masyarakat Islam Indonesia dari keterkungkungan doktrin yang bersifat teologis (teosentris).
Keberadaan anak muda NU progresif menunjukkan, bahwa telah terjadi perubahan metodologi berpikir dari nalar tradisional-doktrinal-monolitik kepada nalar modern-kritis-pluralistik. Hal ini dipengaruhi oleh konstruksi dan metodologi berpikir yang berkembang di Barat dan intelektual Muslim rasional-kritis-pluralistik saat ini. Implikasi dari konstruksi nalar tersebut melahirkan pemahaman Islam yang toleran, damai dan penghargaannya terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Detail
Penulis: Adnan Mahmud
Bahasa: Indonesia
Bulan Terbit: Juni 2013
Halaman: viii + 304 hlm.
ISBN: 978-602-7775-19-0


Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
untuk mengutif gunakan sesuai aturan yang berlaku

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis






No comments:

Post a Comment

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah (Studi di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang) Undang-undang Otonomi Daerah sesungguh...