Monday, January 16, 2023

Konsep Pendidikan Pluralisme dalam Al-Quran


Isu keberagamaan atau pluralisme dalam agama merupakan isu yang cukup menarik untuk ditelaah. Karena fenomena pluralisme agama kehidupan masyarakat modern. Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan yang hanya bergaul dengan orang se-aqidah atau satu suku saja maka tidak akan merasakan hal itu, bahkan dianggap sebagai hal yang aneh karena belum terbiasa, hal itu disebabkan karena belum memiliki pengalaman dalam hidup berdampingan secara damai, tentu akan menimbulkan problematika tersendiri, namun bagi masyarakat metropolitan seperti Jakarta tidak akan menimbulkan sesuatu yang berarti. Fenomena tersebut memaksa para ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk menemukan suatu solusi dalam merespon problematika tersebut dengan istilah teologi global (Global Theology) dan kesatuan transenden agama-agama. (Transcendent Unity of Religions). Jika diteliti dengan seksama, target akhir dari kedua teori ini adalah upaya melegitimasi kebenaran semua agama.

Di samping itu, yang paling meresahkan adalah upaya untuk tidak lagi mengklaim kebenaran absolut (absolute truth claims) antar agama yang saling berseberangan.Sehingga, dampak sosial dari doktrin pluralisme agama cukup berbahaya terhadap ajaran-ajaran agama yang telah berlangsung dengan baik.

Seperti diketahui, bahwa masalah utama yang dihadapi oleh para pendidik dan penggerak sosial-keagamaan pada era kemajuan plural-multikultural, adalah bagaimana masing-masing tradisi keagamaan tetap dapat mengawetkan, memelihara, melanggengkan, mengalih-generasikan, serta mewariskan kepercayaan dan tradisi yang diyakini sebagai suatu kebenaran mutlak, namun di saat yang sama, menyadari sepenuhnya keberadaan kelompok tradisi keagamaan lain yang berbuat serupa. Maka, diperlukan sebuah konsep baru dari pendidikan agama yang dapat merangkul, menjaga kebersamaan, menciptakan kohesi sosial yang baik, dan keutuhan bersama, serta mampu mengintegrasikan antara agama dan budaya khususnya di Indonesia yang selanjutnya membentuk sebuah budaya hemispheric.

Detail
Judul Buku: Konsep Pendidikan Pluralisme dalam Al-Quran
Penulis: Masruhin
Editor: -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2023
Halaman: xxviii + 334
ISBN: 978-623-xxxx-xx-x


No comments:

Post a Comment

Konsep Pendidikan Pluralisme dalam Al-Quran

Isu keberagamaan atau pluralisme dalam agama merupakan isu yang cukup menarik untuk ditelaah. Karena fenomena pluralisme agama kehidupan mas...