Friday, November 4, 2022

Pengauditan Teori dan Praktek

Pengauditan Teori dan Praktek


Tahap awal dari proses auditing adalah Perencanaan audit , dimana proses tersebut sangat menentukan dalam kesuksesan penugasan audit. Pengauditan selain dituntut berkualitas juga harus dilaksanakan secara ekonomis, efektif dan efisien. Pengauditan adalah sebuah mekanisme yang bertujuan , oleh karena itu Perencanaan audit bukan merupakan satu bagian audit yang terpisah dari bagian audit lainnya, namun lebih merupakan suatu tahapan yang berkesinambungan dan berulang. Menurut Standar pekerjaan lapangan pertama Profesional Akuntan Publik (SPAP) mensyaratkan adanya perencanaan yang memadai yaitu: Pekerjaan harus direncanakan sebaik-baiknya dan jika digunakan asisten harus disupervisi dengan semestinya. Menurut Standar Auditing 316 dalam Standar Profesional Akuntan Publik (Ikatan Akuntan Indonesia, 2001) mensyaratkan agar audit dirancang untuk memberikan keyakinan memadai atas pendeteksian salah saji yang material dalam laporan keuangan.

Menurut SA Seksi 326 (PSA No. 07), Paragraf Audit No. 20 menyatakan bahwa Auditor pada hakikatnya harus dirumuskan dalam jangka waktu dan biaya yang wajar. Perencanaan audit mencakup pengembangan rencana menyeluruh untuk merencanakan penerapan audit atau dengan kata lain perencanaan audit adalah membangun strategi audit keseluruhan untuk perikatan dan pengembang an rencana audit.


Detail: 
Judul Buku: Pengauditan Teori dan Praktek
Penulis: Haris Sarwoko
Editor: -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2022
Halaman: v + 175
ISBN: 978-623-5448-27-5



No comments:

Post a Comment

Dimensi Toleransi: Studi Penafsiran Ibnu ‘Ajibah

Salah satu penafsir bercorak sufistik yang seringkali menjadi objek kajian penelitian adalah Ibnu ‘Ajibah dengan karyanya al-Bahr al-Madid f...