Tuesday, October 1, 2019

Perubahan Sosial Profetik

Perubahan Sosial Profetik:
Analisis Konsep Tahapan Perubahan Sosial Al-Qur'an

Buku ini membuktikan bahwa konsep perubahan sosial profetik nabi Muhammad yang bersifat humanis-teosentris dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan kemanusiaan sebagai dampak negatif dari globalisasi. Hal ini dapat tercapai jika pengikutnya bisa bertindak sebagai agent of change dalam mentransformasi sosial yang dilandaskan pada epistemologis al-Qur'an sebagai sebuah paradigma modern.

Kesimpulan besar buku ini berbeda dengan kesimpulan para pengusung pemikiran Freudianisme yang mencita-citakan dunia tanpa tekanan jiwa, termasuk tekanan yang berupa agama, yang disebutnya sebagai ilusi, dan penganut pemikiran Marxisme yang menyebut kesadaran agama sebagai false consciousness, seperti dalam kesimpulan Karl-Heinz Lewed "Curtains for Universalism: Islamism as Fundamentalism in Modern Social Form" (2008) dan Herbert Marcuse "The New Form of Control" (2009) berkesimpulan bahwa untuk mempertahankan semesta ini harus melalui pemenuhan kebutuhan tubuh manusia dan pikiran secara bebas.

Detail:
Penulis: Ahsanul Husna
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2019

1 comment:

  1. Apakah buku ini masih tersedia cetakan nya min? Dan dimana bisa di dapatkan?

    ReplyDelete

Ilmu Ekologi dan Perkembangannya (Kajian Ekologi Teoritis Empiris dan Kontemporer)

Buku ini, mengetengahkan uraian-uraian yang menggambarkan sebuah kajian ilmu ekologi - lingkungan kolaboratif dan elaboratif (integratif), y...