Thursday, February 1, 2018

Syariat Islam dan Politik Pasca UU RI No. 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh

Perkembangan al-siyasah al-shar’iyah, juga perubahan yang terjadi pada institusi komunitas Muslim dalam mengisi sejarah dan peradaban dunia, memberikan kenyataan dan realitas berupa beberapa fenomena signifikan antara kenyataan empiris historis, aturan yang ada, dan tanggapan kritis masyarakat yang terus berkembang mengikuti perkembangan peradaban, ilmu pengetahuan, pemikiran dan teknologi. Di samping itu juga mobilisasi yang semakin global, menjadikan wilayah-wilayah pemukiman komunitas Muslim cepat berubah, menyesuaikan diri menyongsong imbuh kemajuan.

Di samping perkembangan al-siyasah al-shar’iyah di atas, pemikiran hukum Islam dalam ranah pemenuhan kehidupan sosial modern global, juga diidentifikasi terjadi pergeseran dari nuansa al-nassi (al-bayan al-shar’i ) ke nuansa al-ijtihadi dan penerapan metodologi (al-bayan al-‘aqli ) serta dari nuansa nilai esensi tektual, substansional golongan ke mazhab, aliran dan nilai, partai dan wilayah bahkan kebangsaan, al-‘urf dan al-turas (tradisi dalam masyarakat Aceh), perubahan terakhir sebagai akibat logis dari transformasi pemikiran keislaman atau interaksi/mobilisasi imbas dari revolusi sosial di Eropa masa pertengahan sampai modern.

Secara institusional kenyataan tersebut menampakkan fenomena baru dan terbaharui dalam menyikapi dan menangani segala macam permasalahan hidup dan kehidupan manusia, konflik (al-bughat/al-hirabah), mediasi (al-hakam), perdamaian (al-sulh) dan segala macam solusi dan aplikasinya. Konflik yang terjadi di Iran dengan masalah agama dan oposisi politik di Sudan antara golongan Islam dan demokrasi di Pakistan antara Islam dan integrasi nasional di Aljazair, Malaysia, Mesir dan Somalia antara berbagai kelompok sempalan dan separatis. Prahara manusia tersebut juga menyentuh kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Detail:
Penulis: M. Samir Fuady
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2016
Halaman: xii + 255 hal
ISBN: 978-602-7775-40-4


Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
untuk mengutif gunakan sesuai aturan yang berlaku

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis







No comments:

Post a Comment

Kritik Sosial pada Pergumulan Isu Agama dan Musik di Baghdad dan Brussels

Tujuan buku penelitian ini adalah menganalisis kehadiran kritik sosial beserta pembentukan strukturnya yang didasarkan pada dimensi agama, s...