Monday, June 24, 2024

Pendidikan Keluarga dan Bimbingan Keluarga Sakinah

Keluarga sebagai wahana Pendidikan utama dan pertama telah dimaklumi oleh sebagian masyarakat, demikian pula ibu rumah tangga sebagai pendidik pertama dan utama telah pula diketahui.

Oleh karena itu ibu, bapak, dan orang dewasa lainnya yang berada dalam lingkungan rumah tangga tersebut harus benar-benar mampu memanfaatkan posisi sebagai wahana pendidikan dan sebagai pendidik pertama dan utama itu.

Untuk maksud tersebut di samping harus gigih melaksanakan kegiatan pendidikan dan kependidikan, harus pula menata diri, harus senantiasa mengupayakan agar situasi dan kondisi keluarga, termasuk lingkungan (environment) benar-benar kondusif.

Kondusifitas keluarga itu sering diindikasikan dengan Keluarga Sakinah, kondisi tersebut telah menjadi idaman bahkan telah menjadi suatu gerakan. Keluarga sakinah menghajatkan agar masing-masing pribadi dalam lingkungan keluarga itu benar-benar menjadi teladan (uswah) serta benar-benar diakui dan ditiru oleh sekalian anggota keluarga lainnya. Parameternya pun jelas, yakni islamiy, mawaddah, rahmah, dan sakinah.

Detail:
Judul: Pendidikan Keluarga dan Bimbingan Keluarga Sakinah
Penulis: Dr. Arifuddin Uksan, S.Ag., M.Ag.
Editor : dr. Arina Nur Laila
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2024
Halaman: vi + 124 hlm .; ukuran buku 14 cm x 21 cm


No comments:

Post a Comment

Jalan Pulang: Konsep Taubat dalam Cahaya Al-Qur'an

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern yang serba kompleks, manusia seringkali terjebak dalam lingkaran dosa dan kekhilafan. Meski kita beru...