Wednesday, June 19, 2024

Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren

 Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren: Pendidikan Kontra Radikalisme dan Intoleransi


Arti pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.

Pendidikan merupakan unsur yang terpenting dalam kehidupan manusia. Pendidikan menjadikan tolak ukur peradaban manusia. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pula kualitas hidupnya, semakin rendah pendidikan seseorang, maka semakin rendah pula kualitas hidupnya. Pendidikan ada 2 yaitu pendidikan formal dan nonformal, terutama pendidikan agama. Proses pembentukan karakter dapat melalui interaksi manusia dilingkungannya, disekolah, dimasyarakat dan dirumah.

Konstruksi pendidikan agama Islam dalam tiga disiplin ilmu yaitu fiqih, tasawuf dan tauhid adalah objek kajian dalam pendidikan agama Islam. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi untuk membentuk masusia yang dapat memahami dan mengamalkan petunjuk agama. Nilainilai Akhlakul Karimah dan budi pekerti luhur merupakan perwujudan Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan sikap toleransi berbasis Pesantren.

Radikalisme dan intoleransi, merasa benar sendiri yang lain salah, sikap mencaci maki, menghina, membenci, menghibah, memfitnah adalah indikator penyakit tasawuf yang harus dihindari. Pendidikan Agama Islam sebagai solusi untuk membangun karakter manusia yang dapat menghormati, menghargai serta bersikap kasih sayang kepada seluruh makhluk Allah. Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam mendeskripsikan motif kekerasan agama yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang mengatasnamakan agama untuk melakukan kekerasan. Salah satu pesantren yang menerapkan pendidikan kontra radikalisme dan intoleransi adalah pesantren Al-Karimiyah Sawangan Depok.

Detail:
Judul: Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren: Pendidikan Kontra Radikalisme dan Intoleransi
Penulis: Ari Pratama Putra
Editor : -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2024
Halaman: viii + 246 hlm .; ukuran buku 25 cm x 18 cm
ISBN: 978-623-5448-69-5


No comments:

Post a Comment

Jalan Pulang: Konsep Taubat dalam Cahaya Al-Qur'an

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern yang serba kompleks, manusia seringkali terjebak dalam lingkaran dosa dan kekhilafan. Meski kita beru...