Saturday, July 15, 2023

Otoritas Keagamaan Perempuan

Otoritas Keagamaan Perempuan:
antara Idealisme Teologis dan Realitas Budaya Lokal


Dalam konteks keagamaan, otoritas dan peran perempuan dalam Islam telah menjadi topik yang diperdebatkan dan kompleks sepanjang sejarah. Meskipun ada beragam pandangan dan interpretasi yang berbeda, penting untuk memahami bahwa Islam sebagai agama memiliki sumber utama ajaran dan prinsip yang berasal dari Al-Qur'an, hadis, dan tradisi-tradisi Islam. Dalam hal ini, perempuan sebagai individu muslim memiliki hak dan tanggung jawab dalam menjalankan ibadah dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Buku ini mengangkat kasus dinamika otoritas keagamaan para istri kiai, atau biasa disebut nyai, di daerah Pandalungan, Jawa Timur. Secara lebih spesifik, buku ini menyoroti permasalahan terpendamnya eksistensi otoritas keagamaan para nyai, atau ulama perempuan pada umumnya, di dunia pesantren. Di mana kejayaan suatu pesantren seringkali hanya dinisbatkan kepada kepiawaian kepemimpinan serta agungnya charisma individu seorang kiai, kiprah seorang nyai lebih sering menjadi subordinat atau aktor nomor dua di belakang kebesaran nama sang suami. Permasalahan ini semakin kompleks ketika dibenturkan dengan realitas budaya lokal yang secara signifikan turut menenggelamkan eksistensi sosok seorang ulama perempuan. Berdasarkan teori-teori yang ada dalam diskursus gender, otoritas kegamaan dalam Islam, serta psikologi perempuan, bahwa otoritas keagamaan perempuan dalam Islam sesungguhnya bersifat dinamis. Faktor kebudayaan lokal yang terwarisi dari generasi ke generasi serta psikologi seorang perempuan, dalam hal ini, menjadi faktor utama di balik kesenjangan otoritas kegamaan laki-laki dan perempuan di dunia pesantren secara khusus, dan kesenjangan antara idealisme teologis dan realitas kebudayaan tentang perempuan secara umum.


Detail
Judul: Otoritas Keagamaan Perempuan: antara Idealisme Teologis dan Realitas Budaya Lokal
Penulis: Fazlul Rahman dan Faiqotul Mala
Editor : -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2023
Halaman: viii +138 hlm.; 14,8 x 21 cm
ISBN: 978-623-5448-49-7

No comments:

Post a Comment

Buku Ajar: Ushul Fiqh dan Qowaid Fiqh

Buku ini memberikan kontribusi dalam memahami dua bidang kajian penting dalam fiqih. Ushul Fiqih sebagai ilmu fiqih yang fundamental dalam m...