Thursday, October 27, 2022

Analisis Hegemoni dalam Novel Akulah Istri Teroris Karya Abidah El-Khalieqy

Analisis Hegemoni Dalam Novel Akulah Istri Teroris Karya Abidah El-Khalieqy


Karya sastra merupakan sebuah hasil dari kreatifitas serta pengamalan imajinatif seorang Penulis dalam mengekspresikan dirinya. Secara umum karya sastra merupakan permasalahan yang melingkupi kehidupan manusia. Permasalahan tersebut meliputi diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan. Sastra menurut Antonio Gramsci (1891-1937) ialah untuk menjawab pengertian sastra dengan pendekatannya dengan menggunakan pertanyaan “apakah sastra itu sebenarnya ?” . Gramsci akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa nilai satu karya sastra bukan terletak pada karya sastra itu sendiri, akan tetapi nilai karya sastra terletak pada hubungan antara Sastrawan dan masyarakat. Beserta zaman ataupun kondisi Sejarah secara umum. Baginya jika Sastrawan melakukan dengan masyarakat, zaman, dan sejarahnya, karya sastra dianggap sebagai sebuah produk sejarah. Sebagai contohnya adalah karya yang ditulis oleh seorang Sastrawan yang tersohor di Indonesia yaitu Pramoedya Ananta Toer. Karya-karya dari Pramoedya Ananta Toer menunjukan adanya hubungan antara dirinya dengan konteks masyarakat yang diwakili, semangat zaman, dan perkembangan sejarah sosial masyarakatnya.

Salah satu bentuk karya sastra ialah Novel. Novel ialah sebuah prosa yang memiliki unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik di dalamnya. Novel biasanya menceritakan kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan sesamanya ataupun lingkungan. Sehingga  Novel sendiri bersumber dari pada fenomena sosial di lingkungan pengarang yang kemudian menjadi sebuah ide dan akhirnya ditulis oleh pengarang menjadi sebuah karya sastra.

Definisi Novel menurut ahli, Novel menurut Goldmann merupakan sebuah cerita mengenai nilai-nilai yang mengorganisasi. Novel yang memiliki latar belakang tentang sebuah kenyataan sosial adalah struktur pertukaran yang refleksional. Perkembangan struktur tersebut berkaitan pula dengan perkembangan bentuk Novel. Karya sastra dalam bentuk novel ini disebut sebagai mimesis yaitu sebuah tiruan belaka dari realita. Karena itu semua teori sastra pada dasarnya berasal dari mimesis atau dalam bahasa Yunani biasa disebut sebagai peniruan, penjiplakan. Semua karya sastra merupakan bentuk dari mimesis dengan adanya realita, seperti kehidupan sehari-hari, kehidupan manusia, lembaga, pemikiran, permasalahan dll.

Salah satu contoh bentuk Novel yang merupakan mimesis dari realita sosial yaitu novel Akulah Istri Teroris karya Abidah ElKhalieqy seorang Penulis feminis yang menuliskan sebuah kisah karena terinspirasi dari masalah yang terjadi pada para istri teroris dan perempuan bercadar. Keadaan para istri dari kelompok teroris di Poso Sulawesi Tengah yang mendapatkan stigma dari masyarakat. Abidah ingin menjelaskan kepada masyarakat tentang kondisi para istri teroris yang tidak bersalah dan berhak untuk hidup seperti masyarakat lain dengan menuliskan melalui Novelnya.

Detail: 
Judul Buku: Analisis Hegemoni dalam Novel Akulah Istri Teroris Karya Abidah El-Khalieqy
Penulis: Tasya Jhodea Ikhtara Lubis
Editor: -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2022
Halaman: x + 181 hlm 
ISBN: 978-623-5448-24-4



No comments:

Post a Comment

Dimensi Toleransi: Studi Penafsiran Ibnu ‘Ajibah

Salah satu penafsir bercorak sufistik yang seringkali menjadi objek kajian penelitian adalah Ibnu ‘Ajibah dengan karyanya al-Bahr al-Madid f...