Thursday, September 29, 2022

Kebijakan Fiskal Indonesia Ditengah Resesi Ekonomi dan Pandemi Covid-19

Kebijakan Fiskal Indonesia Ditengah Resesi Ekonomi dan Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Perspektif Kebijakan Fiskal Islam


Siklus ekonomi adalah sesuatu hal yang pasti terjadi. Siklus ekonomi adakalanya optimis dan adakalanya pesimis atau resesi. Tesis ini fokus pada pengamatan kondisi siklus ekonomi terbaik berdasarkan kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam penelitian ini adalah kebijakan fiskal. Kondisi resesi, Kita tidak boleh menyalahkan keadaan karna kondisi tersebut adalah ujian dari Ilahi. Dua kondisi ekonomi ini diciptakan sebagai pendorong untuk mengeksplorasi diri dan sumber daya yang telah Allah ciptakan.

Kebijakan fiskal bertujuan untuk menciptakan distribusi ekonomi yang berkeadilan sejalan dengan nilai nilai ruh ekonomi Islam. Perhatian terhadap kajian fiskal bukalah hal baru dalam keilmuan ekonomi Islam klasik, Islam sebagai agama yang universal dalam ajarannya sangat memperhatikan sektor perekonomian terutama fiskal karna menyangkut pada kemaslahatan dan keadilan umat. Hal ini didukung oleh banyaknya ayat ayat al-Quran dan Hadits yang menjelaskan prinsip fiskal Islam. Dan nabi Muhammad beserta sahabatnya juga telah mencontohkan penerapan kebijakan fiskal yang berkeadilan berorientasi pada kesejahteraan umat.

Kebijakan fiskal Islam banyak dibahas dalam kitab kitab karangan ulama klasik hingga kontemporer. diantaranya adalah karangan Ibnu Khaldun dengan kitab fenomenalnya "Muqoddimah Ibnu Khaldun" dan Al Maqrizi dengan kitabnya “Ighathah alUmmah Bi Kashf al-Ghummah". Kajian dua kitab tersebut adalah kebijakan fiskal dan persoalan inflasi ditengah krisis, Perspektif dua ekonom tersebut dalam kebijakan fiskal meninjau pandangan ekonom muslim dari masa kemasa selama pemerintahan Islam saat resesi yang menimpa banyak negara kala itu. Sementara kondisi ekonomi saat ini selain akibat perang dagang antara Amerika-China juga mewabahnya COVID-19 akan menjadi ancaman serius bagi perekonomian global.2 kondisi ini menjadi relevan sebagai kajian penelitian tesis ini dikaitkan dengan teori dari kedua ekonom muslim tersebut.

Resesi diawali dari pelemahan ekonomi global yang memengaruhi perekonomian dalam negeri negara negara di dunia. Semakin kuat ketergantungan ekonomi satu negara pada perekonomian global makasemakin cepat pula terjadinya resesi di negara itu. Lemahnya tingkat permintaan dan aktivitas perdagangan global akan berimbas pada harga komoditas yang diperkirakan rendah di jangka panjang.4 Sebab itu negara berkembang yang perekonomiannya bergantung pada ekspor barang tambang, bahan baku dan pembantu akan lebih cepat merasakan suasana resesi. Dan Indonesia termasuk dari kategori negara tersebut.

Detail: 
Judul Buku: Kebijakan Fiskal Indonesia Ditengah Resesi Ekonomi dan Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Perspektif Kebijakan Fiskal Islam
Penulis: Fauzan Romadhian Khairi
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2022
Halaman: xii+ 165 hlm
ISBN: 978-623-5448-20-6


No comments:

Post a Comment

Dimensi Toleransi: Studi Penafsiran Ibnu ‘Ajibah

Salah satu penafsir bercorak sufistik yang seringkali menjadi objek kajian penelitian adalah Ibnu ‘Ajibah dengan karyanya al-Bahr al-Madid f...