Wednesday, December 1, 2021

Kecerdasan Sosial Qur'ani: melalui Pembelajaran Kooperatif

Kecerdasan sosial adalah merupakan pencapaian kualitas manusia. Pencapaian ini berhubungan dengan kesadaran diri dan penguasaan pengetahuan dalam menjalin hubungan sosial. Kecerdasan sosial dapat digunakan untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih berguna dan juga bermanfaat pada lingkungan dan masyarakat sekitar. Dalam rangka membangun masyarakat yang toleran dan terhindar dari konflik keagamaan, pendidikan yang sementara ini masih mengedepankan aspek kognitif bukanlah satu-satunya jalan untuk dapat meminimalisasi konflik keagamaan. Proses pembelajaran menuntut pendidik untuk aktif dalam mengembangkan kurikulum, khususnya ketika menyusun rencana pembelajaran. Pendidik perlu mempunyai keterampilan menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Lingkungan optimal yang dimaksud adalah lingkungan kondusif yang baik secara fisik maupun mental. Guru harus mampu membuat lingkungan belajar menjadi sangat menarik. Hal ini dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman, dan juga akan menciptakan suasana hati yang gembira tanpa tekanan, sehingga akan dapat memudahkan murid dalam memahami materi yang disampaikan.

Buku ini menyimpulkan bahwa, kecerdasan sosial merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti orang lain dan petuli terhadap lingkungan sosial. Hal ini berdasarkan dua dimensi kecerdasan sosial perspektif al-Quran yang penulis temukan yaitu dimensi perasaan (aspek afektif) terdiri atas empati dan ikhlas, sedangkan dimensi perasaan (aspek afektif) terdiri atas empati dan ikhlas, sedangkan dimensi tindakan (rahah psikomotik) terdiri atas tolong-menolong, silaturahim, kepedulian dan komunikasi. Artinya al-Quran mendeskripsikan tentang keseimbangan antara hobi ma'a khaligih dan habl ma'a ikhwanih. dengan demikian, model pembelajaran kooperatif berbasis al-Quran ini dapat membatu meningkatkan kecerdasan sosial anak.



Detail:
Judul Buku: Kecerdasan Sosial Qur'ani: melalui Pembelajaran Kooperatif
Penulis: Siti Maria Ulfa
Editor:  Armai Arief dan Ahmad Zain Sarnoto
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2021
Halaman: xvi + 428 hlm

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Naskah Dakwah Dai Muda

Prinsip moderasi beragama perlu ditanamkan, terutama di Indonesia, negeri dengan beragam suku, agama, dan budaya. Moderasi beragama dibutuhk...