Sunday, October 24, 2021

Pedoman Dakwah LD PBNU

Pedoman Dakwah Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nadlatul Ulama


Dakwah Islam adalah sebuah ikhtiar muslim untuk mewujudkan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, sampai terwujudnya "Khairul Ummah" yaitu tata sosial yang masyarakatnya senantiasa bertauhid (beriman), senantiasa menegakan yang ma'ruf (tata sosial yang adil) dan berusaha mencegah yang munkar (pencegahan kedzaliman) merupakan suatu kewajiban. Artinya penegakan keadilan merupakan inspiratif moral fitri yang terdalam, bagi integral fungsi sosial, dan sekaligus merupakan refleksi ajaran Nabi SAW.

Dakwah Islam juga sekaligus merupakan bagian dari tugas umat Islam agar selalu menyebarkan ajaran Rasulullah SAW yang tujuannya untuk memberikan rahmat kepada sekalian alam (rahmatan lil-alamin: Q.S. Al-Anbiya [21]:107). Dengan demikian, dakwah adalah tugas kenabian dan kerasulan (profetik) yang harus diteruskan oelh umat Islam sebagai bagian dari tanggungjawab teologis (mas'uliyah diniyah). Sebab dengan dakwah, Islam diharapkan akan dapat menyebar diseluruh penjuru dunia dengan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Dakwah harus memerankan fungsi mempersatukan ummat (tauhidul ummah), mensinkronkan gerakan dakwah (tansiqul harakah), menyamakan persepsi pula keagamaan Ahlussunah wal Jamaan (taswiyatul manhaj), dan melindungi ummat dari akidah dan pemikiran yang tidak sesuai dengan ajaran para waliyullah. untuk itu dakwah harus dilaksanakan dengan kesungguhan dan memperhatikan selulur unsur dakwah yaitu dai (da'i), objek dakwah (mad'u), materi dakwah (maddah), metode (thariqah), sarana-media (wasilah-manhaj) dan efek dakwah (atsar).

Dakwah sesungguhnya mempunyai cakupan yang lebih luas dari mulai dakwah bil lisan, bil hal, dan bil qalam dengan mengikuti cara dakwah para waliyullah seperti walisongo khususnya di tanah Jawa dan Nusantara pada umumnya sehingga dapat mengupayakan Islam rahmatan lil alamin.

Detail:
Penulis: Moch. Buchori Muslim, Nurochman Maksudi
Editor:  Saepullah
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2021
Halaman: xii + 64 hlm
ISBN: 978-602-5576-76-8



No comments:

Post a Comment

Capital Structure and Sharia Screening

Sharia screening adalah  sebuah aturan yang menyaring suatu perusahaan di bursa efek apakah termasuk kategori syariah  atau  konvensional. ...