Monday, October 18, 2021

Analisa Manajemen Rumah Sakit Syariah

 ANALISA MANAJEMEN RUMAH SAKIT SYARIAH

(Studi Aplikasi Kualitas Manajemen Syariah Dalam Pelayanan Rumah Sakit
Terhadap Hifz Ad Din Pada Rumah Sakit Bersertifikasi Syariah di Indonesia)


Di Indonesia sangat banyak rumah sakit yang bernafaskan Islam, namun hingga kini masih belum didapatkan standar pelayanan dan pengelolaan rumah sakit yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Secara umum, rumah sakit yang menganut sistem syariah belum memiliki pedoman yang seragam, sedangkan tema syariah sedang menjadi tren perekonomian dan amat potensial untuk dikembangkan. Pelayanan yang syariah berlaku bukan hanya untuk kaum muslimin saja, tetapi juga kaum lintas sektor. Pelayanan kesehatan yang Islami masih menjadi isu yang terus menerus bergulir, mengingat banyaknya rumah sakit yang dibangun oleh organisasi kemasyarakatan Islam. Namun hingga detik ini belum ditemukan formulasi yang sempurna berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang Islami dirumah sakit yang berlabelkan Islami tersebut. 

Berbagai pertanyaan krusial dan fundamental bermunculan seperti : apa yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan Islami di rumah sakit yang berlabel Islami? Bagaimana implementasi nilainilai syariah dalam pelayanan kesehatan yang bersifat Islami tersebut? Siapa sajakah yang memiliki kewajiban untuk menciptakan pelayanan yang Islami tersebut? Bagaimana bentuk susunan organisasi rumah sakit yang berlabel Islami tersebut? dan lain sebagainya. Untuk memberikan definisi pelayanan kesehatan yang syar’i dan Islami tidaklah mudah. Definisi sederhana mengenai pelayanan kesehatan yang Islami adalah bentuk kegiatan medis dan asuhan keperawatan yang dibalut dalam kaidah syariat Islam. Islam mengatur tentang tata cara hubungan sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam ilmu aqidah akhlak yang dilaksanakan dengan unsur syariah dan aqidah. Pelaksanaan pelayanan kesehatan merupakan bagian dari ilmu akhlak, maka dari itu seorang muslim sebagai khalifah harus dapat melangkah seiring dengan perannya sebagai hamba Allah, sehingga bentuk pelayanan kesehatan tersebut dapat menjadi bagian dari ibadahnya. Profesi dokter dan perawat merupakan sebuah profesi yang kental akan nilai ibadah, memberikan pelayanan kepada sesama mahluk Allah SWT, atau hablumminnnas, yang secara tidak langsung terkadang dokter maupun perawat tersebut berkecimpung dalam ranah manajemen di rumah sakit.


Detail:
Penulis: Fitriyati Irviana
Editor:  -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2019
Halaman: xvi + 302 hlm
ISBN: 978-602-5576-45-4


Buku ini bisa didapatkan pada:



No comments:

Post a Comment

Capital Structure and Sharia Screening

Sharia screening adalah  sebuah aturan yang menyaring suatu perusahaan di bursa efek apakah termasuk kategori syariah  atau  konvensional. ...