Friday, July 12, 2019

Implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada Perbankan Islam di Indonesia

Buku ini bertujuan menelaah konsep dan implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada perbankan Islam di tanah air.Corporate governance mewakili prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang sesungguhnya telah ada dalam sejarah peradaban manusia dan dipraktikkan sejak pertama kali adanya perusahaan.

Buku ini membuktikan bahwa implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG) pada BMI sudah dilaksanakan dengan cukup baik, BSM sangat baik, dan BNI Syariah baik. Kinerja manajemen bank Islam yaitu pelaksanaan GCG terdiri dari Transparansi (Keterbukaan), Akuntabilitas, Responsibilitas (Tanggungjawab), Profesionalisme, Kemandirian dan Kewajaran (Fairness), serta kepatuhan terhadap Prinsip-prinsip syariah (Sharia compliance). GCG tersebut dapat membentuk budaya kerja yang islami. Selanjutnya dilakukan penilaian (Assessment) secara periodik dan berkesinambungan serta diupayakan untuk dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan peraturan atau regulasi. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan GCG pada BMI, BSM dan BNI Syariah telah sesuai dengan aturan yang meliputi tiga aspek governance, yaitu governance structure, governance process dan governance outcome.


Detail:
Penulis: Sugeng Priyono
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2019
Halaman: xxii + 340 hlm
ISBN: 978-602-5576-34-8



Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
silakan mengutif dari buku ini dengan mencantumkan sumber

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis







No comments:

Post a Comment

Kritik Sosial pada Pergumulan Isu Agama dan Musik di Baghdad dan Brussels

Tujuan buku penelitian ini adalah menganalisis kehadiran kritik sosial beserta pembentukan strukturnya yang didasarkan pada dimensi agama, s...