Sunday, September 2, 2018

Kaya Gagasan Miskin Kesulitan

Hidup pada dasarnya adalah tantangan. Tidak ada kehidupan manakala tidak ada tantangan.  Tantangan adalah juga ciri kehidupan. Eksistensi hidup ada pada tantangan tersebut. Tantangan juga adalah masalah. Tanda suatu kehidupan adalah pada adanya masalah. Adanya masalah berarti adanya kehidupan. Oleh karena itu, masalah tidak harus dihindari melainkan dihadapi. Masalah itu pada dasarnya juga perubahan dan perubahan tersebut merupakan hidup itu sendiri. Tidak mungkin disebut hidup jikalau tidak ada perubahan. Perubahan merupakan tanda bagi kehidupan. Berani hidup berarti berani juga berubah. 

Berdasarkan informasi kehidupan masyarakat masa lalu, kehidupan bukan berarti diam. Diam dapat berarti tidak eksis. Eksis ada pada hidup yang berubah-ubah. Masyarakat yang statis cenderung disebut sebagai masyarakat yang tidak eksis. Eksistensi manusia dan masyarakat ada pada perubahan. Perubahan itu dapat terjadi karena adanya gagasan. Gagasan yang selalu muncul mengakibatkan banyak perubahan. Gagasan muncul dapat dikarenakan untuk menghadapi tantangan. Akan tetapi munculnya suatu gagasan dapat juga karena menghadirkan tantangan itu sendiri. Oleh karena itu gagasan menjadi sentral bagi wujudnya perubahan. 

Gagasan dapat mewujudkan tantangan. Tantangan dapat dimaknai juga sebagai kesulitan. Kesulitan atau tantangan menjadikan sesuatu menjadi kehidupan. Kesulitan merupakan bentuk lain dari suatu kehidupan. Kehidupan berarti juga kesulitan dan juga tantangan serta masalah. Dengan demikian maka masalah, tantangan, kesulitan dan juga kehidupan pada dasarnya adalah satu eksistensi. Semakin sulit berarti semakin tinggi tantangan. Semakin tinggi tantangan semakin tinggi juga masalah. Semakin tinggi masalah berarti semakin menunjukkan eksistensi kehidupan. 

Detail:
Penulis: Suwito
Bahasa: Bahasa Indonesia
Tahun Terbit: 2018
Halaman: vi + 248 hlm



Catatan:

untuk membaca online klik pada tombol dibawah ini
silakan mengutif dari buku ini dengan menyebutkan sumber

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis




Get on Google Play 

(Button via NiftyButtons.com)

No comments:

Post a Comment

Kematangan Spiritual dan Kompetensi Toleransi: Menakar Peran dan Tantangan FKUB DKI Jakarta

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dibentuk berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan Nomor 8...