Monday, December 11, 2017

Pengembangan Motivasi Keberagamaan Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam

Dunia pembelajaran dewasa ini banyak mengalami kemajuan luar biasa, pembelajaran pun tidak lagi bersifat tekstual. Segala hal ditentukan oleh pendidik disesuaikan untuk kepentingan pendidik. Model mengajar anak didik dengan pandangan sempit dan berpatokan pada teks akan menyebabkan suasana belajar akan membosankan dan keadaan pembelajaran menjadi mandul. Maka dengan kondisi seperti ini pembelajaran pun akan mengalami kemandekan dan mereka tidak mampu menjadi pribadi-pribadi yang otonom. Apabila mengharapkan sebuah perkembangan dan kemajuan berpikir anakanak didik, itupun sangat susah dipraktikkan.

Pembelajaran adalah terjemahan dari instruction yang banyak dipakai dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat. Istilah ini banyak dipengaruhi oleh aliran psikologi Kognitif-holistik, yaitu yang menempatkan siswa sebagai sumber kegiatan.1 Pembelajaran adalah proses penambahan informasi kemampuan baru. Oleh karena itu menurut Gagne, mengajar atau teaching merupakan bagian dari pembelajaran (instruction), di mana peran guru lebih ditekankan kepada bagaimana merancang atau mengaransemen berbagai sumber fasilitas yang tersedia untuk digunakan atau dimanfaatkan siswa dalam mempelajari sesuatu, sedangkan belajar menurut Gagne mendefinisikan sebagai sebuah perubahan dalam karakteristik kemampuan manusia yang berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

Pembelajaran kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL) yang sekarang ini mulai dikembangkan adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupann mereka sehari-hari. Pembelajaran pengajaran kontekstual melibatkan para siswa dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi.

Detail Buku
Penulis: Toto
Ukuran Buku: 24 x 17 cm
Paper: HVS
Halaman: viii + 186


Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
untuk mengutif gunakan sesuai aturan yang berlaku

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis




1 comment:

  1. Wah butuh bgt nih buat saya yg profesinya ngajar.
    Mungkin dpt metode baru untuk mengajar..

    ReplyDelete

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah (Studi di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang) Undang-undang Otonomi Daerah sesungguh...