Sunday, February 4, 2024

Kekerabatan Bahasa Arab Standar Modern Mesir dan Maroko

Kekerabatan Bahasa Arab Standar Modern Mesir dan Maroko (Linguistik Historis-Komparatif)


Bahasa Arab dipelajari oleh masyarakat dunia untuk berbagai kebutuhan. Salah satu negara besar yang mempelajari bahasa Arab dengan berbagai variasinya adalah Malaysia, Indonesia, dan Brunei. Bahasa Arab memiliki berbagai lahjah atau dialek. Dialek yang terkenal banyak dipakai untuk promosi negara Arab adalah bahasa Arab Mesir dan Maroko. Fenomena bahasa Arab Mesir yang dibandingkan dengan bahasa Arab Standar bahasa Arab Maroko secara kekerabatan dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas telaah linguistik yang menggunakan aspek sejarah atau perkembangan, dan perbandingan antara bahasa-bahasa yang belum banyak dilakukan dengan adanya keilmuaan linguistik yang dikenal dengan istilah linguistik bandingan historis (linguistik historis komparatif). Linguistik historis komparatif adalah cabang dari ilmu bahasa yang mempersoalkan bahasa dalam suatu perubahan-perubahan, unsur bahasa yang terjadi dalam bidang waktu dapat mempelajari data-data dari suatu bahasa atau lebih sekurang kurangnya dalam dua periode.

Publik pada umumnya menganggap bahwa bahasa Arab sulit dipelajari lantaran tidak menarik. Kondisi itu berdampak pada generasi muda Islam yang malas mempelajari bahasa Arab. Menurut hal itu didasari pada pengalaman Fathi Ali Yunus di Mesir pada 1980-an antara lain disebabkan oleh kolonialisasi Barat terhadap dunia Islam dengan menjauhkan umat Islam dari bahasa al-Quran dan bahasa Arab. Sehingga berdampak kepada pelajar Indonesia yang kurang memperhatikan adanya variasi bahasa Arab contohnya bahasa Arab Mesir dan Maroko yang menjadi tema buku ini.

Buku ini berisi aspek kebahasaan yang didasarkan pada bentuk dan makna bahasa Arab Moderen Standar, bahasa Arab Mesir, bahasa Arab Maroko. Untuk mengungkap kekerabatan bahasa dan korespondensi fonemis dalam tiga bahasa berdasarkan pada perbedaan dan persamaan leksikonnya. Dalam buku Morris Swadesh yang menjadi pedoman untuk mengetahui kekerabatan bahasa terdiri 200 kosa kata yang akan dibandingkan untuk mengetahui kekerabatan bahasa tersebut. Alasan penulis memilih bahasa Arab Mesir (AMs) dan Arab Maroko (AMro) yaitu bahasa Arab Mesir saat ini mengalami peningkatan minat pemakaiannya. Hal itu ditunjukkan oleh peminatan terhadap sastra anak yang telah berkembang di Mesir, Afrika, dan dunia. 


Detail:
Judul: Kekerabatan Bahasa Arab Standar Modern Mesir dan Maroko (Linguistik Historis-Komparatif)
Penulis: Ariesti Putri Aprliyanti
Editor :  -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2024
Halaman: xvi + 126 hlm .; ukuran buku 20.5 cm x 14.5 cm


No comments:

Post a Comment

Buku Ajar: Ushul Fiqh dan Qowaid Fiqh

Buku ini memberikan kontribusi dalam memahami dua bidang kajian penting dalam fiqih. Ushul Fiqih sebagai ilmu fiqih yang fundamental dalam m...