Monday, November 6, 2023

Menelusuri Lanskap Kontemporer: Muslimat Al Washliyah dalam Islam dan Masyarakat


Buku antologi "Menelusuri Lanskap Kontemporer: Muslimat Al Washliyah dalam Islam dan Masyarakat." Buku ini menggabungkan berbagai perspektif dan  pemikiran  yang membahas aspek-aspek penting dalam kehidupan Muslimat Al Washliyah dalam konteks Islam dan masyarakat.

Antologi ini adalah sebuah kumpulan yang sangat beragam, yang mengulas berbagai topik penting yang relevan dengan isu-isu kontemporer. Artikel-artikel yang terdapat dalam buku ini membuka jendela pemahaman tentang Islam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk masalah perlindungan kehormatan, pendidikan, inovasi, dan perlindungan anak.

Bagian pertama, "Perlindungan Kehormatan dan Pengembangan Masyarakat Islam," memberikan wawasan mendalam tentang isu-isu sensitif seperti pandangan Islam terhadap LGBT, serta peran Teungku Inong dalam pengembangan masyarakat Gampong-Aceh melalui komunikasi partisipatif. Bagian ini menggambarkan betapa pentingnya dialog dan partisipasi dalam mencapai pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Bagian kedua, "Kepemimpinan, Entrepreneurship, dan Semangat Inovasi Organisasi," menggali konsep peran entrepreneur dalam kemajuan organisasi, mengupas budaya inovasi kreatif, dan menjelaskan konsep "Tijârah" dalam gerakan Muslimat Al Washliyah. Ini adalah pandangan yang mengilhami tentang bagaimana kepemimpinan dan semangat inovasi dapat membentuk masa depan yang lebih cerah.

Bagian ketiga, "Muslimat Al Washliyah dan Pendidikan Anak," membahas strategi pendidikan Muslimat Al Washliyah di Indonesia, model-model pembelajaran di Paud, serta tantangan dan solusi dalam mendidik akhlak anak di era disrupsi. Bagian ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan anak sebagai landasan pembangunan masa depan. Bagian keempat, "Literasi Digital, Media, dan Informasi," menyoroti pentingnya literasi digital dan peran Al Jam'iyyatul Washliyah dalam membentuk masyarakat yang semakin unggul. Bagian ini juga membahas pendekatan sosial dalam memahami konsep tabayyun di era digital, yang relevan dalam konteks global yang semakin terhubung. Bagian kelima, "Perempuan, Hukum, dan Perlindungan Anak," mengangkat isu-isu penting seperti nasib perempuan pasca perceraian, upaya perlindungan anak dari pernikahan/perkawinan di bawah umur, dan pemahaman tentang perceraian menurut hukum Islam dan undang-undang. Ini adalah upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu perempuan, hukum, dan perlindungan anak. Buku ini merupakan perpaduan antara wawasan ilmiah, pandangan praktis, dan nilai-nilai keagamaan, yang memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran Muslimat Al Washliyah dalam menghadapi tantangan kontemporer. Semoga buku ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan yang berharga bagi para pembaca, baik dalam menjalani peran mereka dalam masyarakat maupun dalam Islam.

Buku ini memadukan wawasan ilmiah, pandangan praktis, dan nilai-nilai keagamaan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran Muslimat Al Washliyah dalam menghadapi tantangan kontemporer. Semoga buku ini menjadi sumber inspirasi dan wawasan yang berharga bagi para pembaca dalam menjalani peran muslimat Al Washliyah dalam Islam dan dalam Masyarakat


Detail:

Judul: Menelusuri Lanskap Kontemporer: Muslimat Al Washliyah dalam Islam dan Masyarakat
Penulis: Nurliati Ahmad, Umaimah Wahid, Suhartini Suaedy, Kuswanti, Tri Hidayati [dan 11 lainnya]
Editor : -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2023
Halaman: x+ 242hlm .; ukuran buku 25 cm x 17,5 cm
ISBN: 978-623-5448-56-5


No comments:

Post a Comment

Kematangan Spiritual dan Kompetensi Toleransi: Menakar Peran dan Tantangan FKUB DKI Jakarta

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dibentuk berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan Nomor 8...