Monday, October 17, 2022

Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi

Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi


Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling lama digunakan dan lebih awal munculnya, dan ia tergolong bahasa samiyah yang lebih maju, lebih lengkap dan lebih dekat dengan bahasa ibu bahasa-bahasa yang satu asal dengannya yaitu Suryaniyah, Asyuriah, Habasyiyah dan Babiloniah. Kesungguhan bangsa Arab yang memfokuskan segala daya dan upayanya pada kekayaan bahasa Arab mampu mengungguli dan melampaui bangsa-bangsa lain di dunia yang telah lebih dulu maju. Bahasa Arab pun meluas penggunaannya ke seluruh dunia dan tidak hanya menjadi bahasa suku Arab sebagaimana masa lalu namun kini telah menjadi menjadi bahasa pemersatu bangsa Arab.

Bahasa Arab yang pada awalnya berasal, tumbuh, dan berkembang di negara-negara kawasan Timur Tengah, menjadi salah satu di antara bahasa yang banyak digunakan di dunia. Bahasa Arab menjadi bahasa resmi yang digunakan Liga Dunia Arab atau Rābiṭah al-‘Ālam alIslāmī dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang terdiri dari 45 negara Islam atau negara yang mayoritas Muslim. Selain itu, bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa resmi Organisasi Persatuan Afrika, OPA. Karena banyak yang menggunakannya, maka bahasa Arab menjadi bahasa Internasional dan dinyatakan sebagai salah satu bahasa resmi dunia internasional yang ditetapkan oleh UNESCO 1974.

Hasil studi menunjukkan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang pertama dipelajari dibandingkan dengan bahasa asing lainnya di Indonesia. Bahasa Arab masuk dan berkembang di Indonesia bersamaan dengan datangnya Islam di Kepulauan Melayu-Nusantara. Namun, jika dibandingkan dengan bahasa Inggris, wacana pendidikan dan pengembangan bahasa Arab di Indonesia tampaknya kurang berkembang pesat, meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Hal ini disinyalir karena beberapa faktor baik faktor linguistik, non-linguistik, sosial, dan kebijakan pemerintah.


Detail: 
Judul Buku: Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi
Penulis: Pradi Khusufi Syamsu
Editor: Abdul Fatakh
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2022
Halaman: viii + 262 hlm
ISBN: 978-623-5448-21-3


No comments:

Post a Comment

Dimensi Toleransi: Studi Penafsiran Ibnu ‘Ajibah

Salah satu penafsir bercorak sufistik yang seringkali menjadi objek kajian penelitian adalah Ibnu ‘Ajibah dengan karyanya al-Bahr al-Madid f...