Tuesday, September 6, 2022

Makna Islam dalam Al-Qur’an: Studi Penafsiran Abdullah Yusuf Ali dan Muhammad Asad

Makna Islam dalam Al-Qur’an: Studi Penafsiran Abdullah Yusuf Ali dan Muhammad Asad


Islam adalah agama yang sempurna, yang mengatur segala aspek dalam kehidupan manusia, baik aspek ibadah (hubungan manusia dengan Allah SWT) maupun aspek muamalah (hubungan manusia dengan sesama manusia).  Islam datang sebagai agama pertengahan dari agama terdahulu dengan  ajaran-ajaran hukum yang bersifat lahiriah dan mengajarkan ajaran-ajaran ketuhanan yang  bersifat ruhaniah (spiritual).  

Kata Islam  dapat bermakna selamat. Misbahul Jamal memaknai Islam sebagai keselamatan yang beriman kepada Allah, berbuat baik dan beriman pada hari akhir. Islam adalah agama yang mengajarkan semua kebaikan tanpa memandang agama satu dengan yang lainnya dan mengajarkan sikap berserah diri  pasrah dan tunduk pada ketentuan Tuhan.

Sebagaimana dalam al-Qur’an Islam berkedudukan sebagai wahyu Allah.  Agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad dalam artian, Islam  sebagai hukum-hukum Allah yang menunjukan  jalan lurus, jalan menuju keselamatan baik dunia maupun akhirat . Sebuah keyakinan yang tidak dapat berubah berdasar pada teks,  sedangkan makna Islam secara kontekstual  akan berkembang sesuai pada konteks dan zaman nya. Pemahaman Islam secara konteks ini  tidaklah meninggalkan makna Islam secara teks.

Dalam fenomena kehidupan masyarakat dan sejumlah pendapat tokoh agama, penulis menangkap ada pemaknaan atas Islam yang menciptakan sebagai agama yang negatif yang melihat pihak diluar Islam sebagai musuh ancaman, sikap ini bertolak belakang dengan hakikat tujuan Islam itu sendiri sebagai agama rahmatan lilalamin, agama yang memberikan kasih sayang tanpa pandang bulu.

Sedangkan, agama atau umat minoritas seringkali menjadi objek penindasan akibat adanya pemaksaan penerimaan kebenaran prespektif mayoritas terhadapnya. Maka  muncul klaim aliran atau kelompok sebagai pihak yang paling berhak atas tafsir agama untuk menghakimi dan menghukumi tafsiran yang dilakukan pihak lain dengan melihat watak dasar penganut agama yang mudah terpancing sisi psikologisnya  bila berkaitan dengan agama serta keyakinan yang dianut dan fanatisme akan semakin kuat karena dalam posisi mayoritas.

Detail: 
Judul Buku: Makna Islam dalam Al-Qur’an: Studi Penafsiran Abdullah Yusuf Ali dan Muhammad Asad
Penulis: Ulfah Nur Azizah
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2022
Halaman: 178
ISBN: 978-623-xxxx-xx-x

No comments:

Post a Comment

Etika Perang dalam Al-Qur’an: Studi Kasus Ayat-ayat tentang Ash’hur al-Ḥurum

Etika Perang dalam Al-Qur’an: Studi Kasus Ayat-ayat tentang Ash’hur al-Ḥurum Membicarakan tentang etika, tentu tak terlepas dari sejarah kem...