Tuesday, January 9, 2018

Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengembangan Budaya Agama

Model Pengembangan budaya keagamaan di sekolah yang dilaksanakan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, program budaya keagamaan yang dikembangkan sekolah memberikan dampak positip terhadap pembentukan akhlak mulia yang dapat terlihat dari refleksitas interaksi siswa sehari-hari dalam komunitasnya. Keberhasilan yang dicapai tersebut tidak parsial, tetapi integratif antara prestasi akademis, moral,  perilaku, ketrampilan dan kreativitas.
Kepala Sekolah terhadap pengembangan budaya agama selalu memberikan dukungan dan peneladanan dalam menjalankan manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel. Tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dilaksanakan dengan penuh dedikasi. Gaya kepemimpinan demokratis dengan pendekatan situasional dan kekeluargaan sangat berpengaruh terhadap dalam  Pengembangan budaya agama di SDN Pejuang VII Kota Bekasi. Hal tersebut tercermin dalam program-program yang dicanangkan oleh Kepala Sekolah secara kontinyu  dan penuh inovasi.Kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam berupa pembiasaan akhlak mulia (salam), yakni: budaya salam, doa sebelum dan sesudah belajar, shalat berjamaah, santunan anak yatim dan dhuafa, peringatan hari besar Islam, pesantren kilat dan buka puasa bersama, tuntas baca tulis al-Quran, pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh, serta mengikuti lomba akademik pentas PAI; sebagai wahana berkembangnya budaya agama di sekolah, senantiasa selalu mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah terutama oleh Kepala Sekolah yang berperan sebagai pimpinan yang demokratis dan transparan dalam mendorong kegiatan keagamaan di sekolah.

Detail:
Penulis: Mukhlis
Bahasa: Indonesia
Tanggal Terbit: Desember, 2012
Halaman: xiv + 180 hlm
ISBN: 978-602-7775-11-4


Catatan:

silahkan membaca online pada tombol dibawah ini
untuk mengutif gunakan sesuai aturan yang berlaku

semoga buku ini bermanfaat dan menjadi amal baik bagi penulis







No comments:

Post a Comment

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah

Dampak Implementasi Otonomi Daerah pada Madrasah (Studi di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang) Undang-undang Otonomi Daerah sesungguh...