Wednesday, May 15, 2024

Nilai-nilai Hukum Islam dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)

Buku ini membahas integrasi nilai-nilai hukum Islam dalam UndangUndang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) di Indonesia, dengan fokus pada tiga permasalahan utama: (1) bagaimana nilai-nilai hukum Islam terakomodasi dalam KUHP, (2) bagaimana implementasi nilai-nilai tersebut dalam undang-undang, dan (3) bagaimana undang-undang mengakomodasi Maqasid al-Shariah.

Dalam buku ini bahwa KUHP baru telah mengadopsi prinsip-prinsip keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan yang sesuai dengan nilai-nilai universal dalam Islam, seperti proporsionalitas dan keadilan dalam hukuman dan sanksi.  Selanjutnya, KUHP memperlihatkan adopsi pendekatan yang lebih rehabilitatif daripada punitif, yang mendukung prinsip perbaikan dan pencegahan kejahatan sesuai dengan ajaran Islam. Implementasi Maqasid al-Shariah juga terlihat melalui upaya-upaya dalam melindungi aspek-aspek agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta, serta menimbang kebutuhan masyarakat yang beragam.

Dalam buku ini bahwa KUHP Indonesia telah berusaha mengintegrasikan nilai-nilai hukum Islam dalam kerangka hukum modern, menghasilkan sintesis hukum yang menawarkan keadilan dan kemanusiaan yang lebih besar, serta menyediakan dasar bagi implementasi yang lebih inklusif dan adil dari hukum pidana di Indonesia.

Detail:
Judul: Nilai-nilai Hukum Islam dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)
Penulis: Rona Apriana Fajarwati
Editor : -
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2024
Halaman: viii + 282 hlm .; ukuran buku 23 cm x 15.5 cm
ISBN: 978-623-5448-65-7


No comments:

Post a Comment

Nilai-nilai Hukum Islam dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)

Buku ini membahas integrasi nilai-nilai hukum Islam dalam UndangUndang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) di...