Tuesday, April 11, 2023

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat, hubungan antara individu dan kelompok dalam masyarakat, dan bagaimana masyarakat mempengaruhi perilaku, tindakan, dan pengalaman individu. Ilmu sosiologi mencoba memahami bagaimana manusia berinteraksi dan membentuk masyarakat, serta bagaimana masyarakat mempengaruhi perilaku dan pengalaman manusia. Dalam mempelajari masyarakat, sosiologi melibatkan penggunaan metode penelitian empiris untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang struktur sosial, nilai, norma, dan polapola perilaku manusia dalam berbagai konteks sosial. Tujuan utama sosiologi adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia dalam konteks sosial.
 
Adapun pendidikan Islam dapat diartikan sebagai sebuah sistem pendidikan yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam pembelajaran dan pengembangan pribadi. Pendidikan Islam juga melibatkan pengajaran dan pengembangan keterampilan sosial, spiritual, dan moral yang dapat membantu siswa menjadi individu yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Jadi Sosiologi pendidikan Islam adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari hubungan antara agama Islam dengan proses pendidikan dan masyarakat. Secara khusus, sosiologi pendidikan Islam mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam mempengaruhi sistem pendidikan dan bagaimana praktek-praktek pendidikan dalam masyarakat Muslim dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, budaya, dan sejarah.

Sosiologi pendidikan Islam mencakup studi tentang lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti madrasah dan pesantren, dan cara-cara mereka berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya. Ilmu ini juga mempelajari bagaimana agama Islam mempengaruhi praktik pendidikan di lembaga pendidikan umum dan bagaimana nilai-nilai dan prinsip-prinsipIslam dipertahankan dalam konteks pendidikan modern. Dalam sosiologi pendidikan Islam, para ahli memperhatikan isu-isu sosial dan politik yang terkait dengan pendidikan Islam, seperti peran pendidikan dalam membangun kesadaran dan identitas Islam, konflik antara pendidikan Islam dan sistem pendidikan sekuler, serta peran pendidikan dalam mengatasi masalah sosial di masyarakat Muslim.


Detail:
Judul Buku: Sosiologi Pendidikan Islam
Penulis: Abd. Hafid
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2023
Halaman: xii+ 204 hlm
ISBN: 978-623-5448-40-4

No comments:

Post a Comment

Kematangan Spiritual dan Kompetensi Toleransi: Menakar Peran dan Tantangan FKUB DKI Jakarta

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dibentuk berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan Nomor 8...